Kamis, 27 Mei 2010

E-commerce : Manfaat dan permasalahannya

Pada perkembangan zaman yang semakin canggih, hampir kebanyakan orang menggunakan internet dalam berbagai hal. Dari mencari berita, mengirim pesan, berkomunikasi, mengobrol, mencari hiburan, dan lain-lain. Hingga kini ada yang dinamakan E-commerce. E-commerce merupakan suatu transaksi yang dilakukan dalam elektronik melalui internet, sehingga pembeli dan penjual tidak harus bertemu secara langsung seperti halnya kita membeli barang di pasar atau di toko.:takot:

Banyak situs-situs yang menyidiakan wadah untuk e-commerce, setiap tempat memiliki karakteristik yang berbeda walaupun secara umum dapat dikatakan sama. Seperti pada umumnya, e-commerce pun mempunyai manfaat dan permasalahan yang bermacam-macam, setiap orang merasakan manfaat dan permasalahan yang berbeda-beda.

Berdasarkan yang saya rasakan manfaat pada e-commerce meliputi :


1. Waktu dan tenaga
e-commerce telah membantu kita dalam menghemat waktu. Tidak perlu berkeliling mencari produk yang akan kita cari, dengan adanya e-commerce, kita hanya berhadapan dengan komputer, memilih barang melalui internet.. Barang yang sudah di beli pun dikirim melalui jasa pengiriman barang sehingga barang yang di beli dapat sampai di depan rumah dengan keadaan baik.:woooh:

2. Harga
Harga yang ditawarkan pada umumnya relatif lebih murah, walaupun ada pula yang lebih mahal dari harga yang biasanya, namun hal tersebut adalah hal yang subyektif, setiap orang memiliki penilaian sendiri terhadap harga.. Pintar-pintar juga dalam berbelanja, supaya dapat mendapat harga yang murah..:devilishgrin:

3. Pembayaran simpel
Dengan menggunakan transaksi elektronik, maka pembayarannya pun dilakukan secara elektronik, tidak membutuhkan uang cash, pada e-commerce pembayaran dilakukan melalui kredit atau transfer. Pembayaran melalui kredit pada umumnya memakai PayPal. PayPal adalah salah satu alat pembayaran (Payment procesors) menggunakan internet yang terbanyak digunakan didunia dan teraman. Sedangakan jika dengan transfer, disesuaikan dengan rekening bank yang dimiliki oleh si penjual.:please:

Disamping manfaat diatas, terdapat permasalahan yang masih sering terjadi dalam e-commerce, beberapa diantaranya yaitu :

1. Penipuan
Hal paling sering terjadi adalah penipuan.:waaah: Dilihat dari sistem pembelian yang tidak berkontak langsung dengan penjual, dapat beresiko terjadi penipuan. Uang sudah di transfer, namun barang tak kunjung datang. Dan si penjual pun hilang entah kemana. Banyak yang terjadi seperti itu. Sehingga kewaspadaan selalu menjadi prioritas yang utama. Bagi si penjual, reputasi baik yang diterima akan menjadikan pembeli percaya dan tidak akan takut ditipu.

2. Kualitas
Pada umumnya kualitas barang jarang di permasalahkan, namun kadang terjadi apa yang kita lihat berbeda dengan barang yang telah di beli. Yang kita lihat pada komputer adalah gambar, gambar dapat menunjukan hasil asli dari barang tersebut dapat juga tidak. Barang yang terlihat bagus di gambar bisa saja aslinya tidak seperti yang tertera pada gambar. Sehingga berniat membeli barang(produk) yang berkualitas bagus, malah dapat yang kurang.:ayokona:

Itulah manfaat dan permasalahan yang terdapat pada e-commerce. Setiap hal memang memiliki manfaat dan permasalahan yang berbeda. Namun, kita harus dapat menghindari permasalahan yang ada dan mendapat manfaat yang menguntungkan bagi kita..

Sekian tulisan dari saya
Terima Kasiih..:wave:

0 comments: