Senin, 14 Desember 2009

Jaringan Komputer beserta jenis,tipe,dan topologinya..

Pengenalan Jaringan Komputer

Apa siih jaringan komputer itu?

Jaringan komputer adalah sebuah jaringan yang menghubungkan beberapa komputer. Seperti contoh di perkantoran, komputer-komputer yang ada pada kantor tersebut tidak mungkin berdiri sendiri tanpa adanya jaringan yang menghubungkan antara komputer yang satu dengan yang lainnya, karena akan menyulitkan untuk pentransferan data dari komputer yang satu ke komputer yang lainnnya. Namun, apabila jaringan komputer sudah terpasang, itu akan memberikan kemudahan dalam komunikasi data, pemakaian internet bersama, pemakaian printer bersama(sharing), dan lain-lain.

Jenis-Jenis Jaringan

Emang jaringan ada jenisnya juga ya? apa aja?

Iyaap, betul.. Jaringan mempunyai 3 jenis, yaitu Local area network(LAN), Metropolitan Area Network(MAN), dan Wide Area Network(WAN)..

Lantas apa yang membedakan semua itu?

Semua itu dibedakan dari jangkauan area atau lokasi jaringannya sajaa..
  • Local Area Network (LAN) atau disebut juga jaringan area local adalah jaringan yang berada pada suatu lokasi tertentu.. Dan jaraknya pun hanya sebatas satu ruangan, satu gedung, maupun antar gedung..
  • Metropolitan Area Network(MAN) atau disebut juga jaringan area metropolitan adalah jaringan yang terdapat pada antarkota, misalnya komputer server berada di Jakarta, sedangkan komputer client berada di Bogor..
  • Wide Area Network(WAN) atau disebut juga jaringan area luas adalah jaringan yang jangkauannya lebih luas dari MAN, hubungan jaringan ini bisa mencapakup antar negara atau antar pulau..
Tipe Jaringan

Lho? Emang jaringan punya tipe juga? Apa aja?

Jaringan juga mempunyai tipe.. Tipe jaringan yang berdasarkan pada pengoprasian suatu jaringan, terdapat dua tipe jaringan, yaitu :

Tipe Client Server
Ini adalah salah satu tipe pada jaringan komputer.. Pada jaringan ini, semua komputer yang terhubung dalam jaringan dikuasai oleh server.. Karena seluruh kontrol dikendalikan oleh server, maka server berfungsi untuk melayani yang diperlukan oleh client.. dan sedangkan client hanya dapat menerima apa yang diberi oleh server.. Pada tipe ini, semua data terpusat hanya pada sever..

Tipe peer to peer

Pada tipe ini berbeda dengan Tipe diatas, pada tipe peer to peer tidak membutuhkan server khusus yang bertugas untuk mengontrol komputer pada jaringan karena setiap komputer dapat berfungsi sebagai server maupun sebagai client.. Sehingga pada tipe ini, setiap komputer dapat memberikan dan menerima layanan..

Topologi Jaringan


Apa lagi topologi itu? masi ga ngerti niih ??

Tenang.. Jangan pusing dulu.. Topologi jaringan itu adalah konfigurasi yang digunakan untuk membentuk jaringan secara fisik. Jaringan itu sendiri dapat mempunyai berbagai konfigurasi logis ataupun fisik. Namun demikian, tanpa melihat bagaimana cara diimplementasikan, jaringan ini dapat dimasukkan kedalam kategori umum, yaitu diantaranya :

Topologi Ring
Konfigurasi pada topologi ring membentuk suatu ring atau melingkar seperti cincin. Peralatan pada jaringan ini dihubungkan secara berangkaidalam konfigurasi Ring. Pada jenis ini, data berjalan mengelilingi ring dalam satu arah. Ciri yang paling khas yang menandakan bahwa ini merupakan topologi ring adalah bentuk jaringannya yang membentuk lingkaran..

Topologi Bus
Pada topologi ini, komputer-komputer yang terhubung dalam jaringan dihubungkan dengan sebuah kabel tunggal dalam jaringan tersebut.. Semua komputer yang tergabung dalam topologi ini mempunyai kontrol yang sama.. Keuntungan mengguanakan topologi ini adalah memberikan kemudahan untuk mendeteksi apabila terdapat komputer yang rusak.. Topologi ini mempunyai ciri kabel tunggal dalam jaringan komputernya..

Topologi Star
Dalam topologi star, semua komputer dan peralatan yang ada pada jaringan tersebut dihubungkan ke peralatan sentral yang dinamakan dengan Hub atau disebut juga dengan Switch.. Fungsi dari Switch atau Hub ini adalah sebagai pengontrol utama dari seluruh komputer yang terhubung dalam topologi jaringan Star ini.. Dan untuk ciri pada topologi star adalah adanya hub atau switch yang mengontrol seluruh komputer..


Itu adalah sebagian pengertian dari jaringan komputer..
Semoga Tulisan ini dapat bermanfaat, mohon maaf apabila terdapat kesalahan..
Dan terimakasih atas perhatiannya..
=)

0 comments: