Rabu, 18 Mei 2011

Membuat Objek UFO sederhana dengan menggunakan VRML

Kembali dengan VRML.
Sedikit mengulas tentang VRML. VRML adalah salah satu bahasa komputer untuk membuat model objek 3 dimensi dalam dunia virtual. Objek yang akan dibuat dalam hal ini adalah objek 3 Dimensi atau yang biasa disebut dengan objek 3D.

Objek yang saya posting pada tulisan ini adalah sebuah objek UFO sederhana. Objek UFO ini menggunakan VRML versi 2.0 yang sudah di perbaharui dari VRML versi 1.0. Objek UFO ini menggunakan kombinasi dua buah objek, yaitu objek Bola dan juga objek silinder.
Untuk penjelasan Logikanya ada di bawah ini setelah Listing Program :

Listing Program

#VRML V2.0 utf8

# A Cylinder
Shape {
appearance Appearance {
material Material {
diffuseColor 1 0.8 0.4
specularColor 1 0 1
shininess 1
}
}
geometry Cylinder {
height 0.2
radius 3
}
}
# A Sphere
Shape {
appearance Appearance {
material Material {
diffuseColor 0.5 0.5 0.5
transparency 0.0
}
}
geometry Sphere {
radius 1
}
}




Pada listing program diatas adalah listing pada VRML untuk membuat objek UFO. Pertama tanda kres ( # ) merupakan tanda yang mengartikan bahwa semua yang ada pada baris tersebut di jadikan komentar, sehingga tidak akan di eksekusi.
Setelah itu pembuatan objek mulai dilakukan, objek yang di buat pertama kali adalah objek Silinder.


Shape {
appearance Appearance {
material Material {
diffuseColor 1 0.8 0.4
specularColor 1 0 1
shininess 1
}
}


Logika Program

Shape adalah node dasar yang digunakan untuk membuat sebuah objek sederhana. Pada contah diatas dapat diterangkan sebagai berikut yaitu Node Shape yang memiliki field appearance dan geometry. Sedangkan field appearance di isi dengan Node Apperance yang juga memiliki fields material dan diisi Node Material. Field appearance pada node Shape digunakan untuk memberi warna tekstur dan transparansi serta sifat-sifat yang lain. Dan Material berisi pewarnaan dari objek tersebut.
Isi dari Material itu adalah diffuseColor yang artinya adalah warna dasar. Pewarnaan ini berdasarkan RGB(Red, Green, dan Blue) dengan skala 0 hingga 1. Jika di beri skala lebih dari 1 maka yang akan tampil tetaplah dengan skala 1.
SpecularColor adalah warna gradasi yang tidak terlalu mencolok. Sedangkan shininess adalah kecerahan dari objek tersebut.


geometry Cylinder {
height 0.2
radius 3
}


Geometry disini merupakan perintah untuk membentuk objek yang akan dibuat. Untuk objek silinder perintah yang dibuat adalah Cylinder. Cylinder ini terdiri dari heigth dan radius. Height dapat dikatakan ketebalan dari silinder tersebut, sedangkan radius adalah jari-jari dari silinder tersebut.

Untuk objek bola cara membuatnya hampir sama, yang membedakan hanyalah pada geometrinya.


geometry Sphere {
radius 1
}


Objek bola di buat dengan perintah Sphere yang mengandung perintah radius. Semakin besar Radius maka bola akan semakin besar.

Dengan demikian maka objek yang akan tampil adalah sebagai berikut outputnya.

Output Object VRML











0 comments: