Jumat, 07 Oktober 2011

Perkembangan Teknologi dalam Networking: Frame Relay

FRAME RELAY


Semakin hari perkembangan Teknologi semakin pesat baik di dalam dunia bisnis, maupun di dalam dunia IT. Dalam dunia IT sendiri banyak perkembangan yang terlihat dari segi Device misalnya, sudah banyak PC tablet dari berbagai Merk dan berbagai Sistem Operasi yang digunakannya. Begitu juga dengan perkembangan Teknologi dalam Newtworking.

Dalam Networking, terutama pada cakupan Wide Area Network (WAN), ada teknologi yang dinamakan dengan FRAME RELAY. Frame Relay adalah protokol packet-switching yang menghubungkan perangkat-perangkat telekomunikasi pada satu Wide Area Network (WAN). Protokol ini bekerja pada lapisan Fisik dan Data Link pada model referensi OSI. Protokol Frame Relay menggunakan struktur Frame yang menyerupai LAPD, perbedaannya adalah Frame Header pada LAPD digantikan oleh field header sebesar 2 bita pada Frame Relay. (sumber: wikipedia.org)


Frame Relay memiliki memiliki kemampuan yang sangat tinggi untuk teknologi dalam WAN. Frame Relay sering digambarkan sebagai versi yang lebih efisien dari X.25. Frame Relay dioperasikan pada WAN yang memberikan connection services yang lebih reliable dibanding X.25 yang populer di sepanjang dekade 1970-an sampai dengan awal 80-an. Frame Relay menawarkan performance yang lebih baik dan transmission efficiency lebih besar dibanding X.25, dan ini yang membuat Frame Relay menjadi sesuai untuk aplikasi WAN seperti LAN interconnection.



Teknologi Frame Relay ini menggunakan sistem HDLC. HDLC (High Level Data LInk Control) ini bekerja pada Frame Relay. Dimana saat Router mengirimkan data dengan IP sebagai tujuannya, pada saat masuk kedalam Cloud dengan Teknologi Frame Relay, HDLC ini akan bekerja dengan mengganti IP destination tersebut dengan nomor HDLC yang sudah di daftarkan pada Modem WAN yang terhubung. Untuk melihat konfigurasi HDLC pada Frame Relay, dapat dilihat pada blog ini juga di http://artha17.blogspot.com/2010/11/encapsulation-frame-relay-with-cloud.html

Frame Relay ini teknologinya digunakan untuk membawa data yang Privacy, selain Frame Relay ada juga teknologi yang bernama Leased Line. Leased Line ini basicnya adalah Sirkuit Switching, sehingga lebih cepat, dan jauh lebih privacy, namun harga nya sangat mahal. Banyak digunakan untuk transaksi antar Bank.

Dengan demikian maka, dunia Networking sudah merambah kedalam dunia bisnis juga, dapat dikatakan keduanya saling berkaitan. Teknologi tentunya akan terus dan terus berkembang dan bidang apapun, akan berkaitan dengan bidang Teknologi, termasuk dengan Networking

0 comments: