Selasa, 22 Desember 2009

Pengertian Protokol Jaringan TCP/IP Beserta IP address dan lain-lainnya..


Menyambung dari tulisan saya beberapa waktu lalu mengenai Jaringan Komputer, kali ini saya akan membahas tentang Protokol jaringan itu sendiri.. Mau tahu apa dan bagaimana nya? Simak tulisan saya ini.. =)





Pengertian TCP/IP


TCP/IP(Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah protokol standar yang dirancang untuk digunakan dalam hubungan antarkomputer, baik itu LAN maupun WAN. TCP/IP merupakan sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data di Internet. TCP/IP ini dikembangkan oleh U.S. Departement of Defense(DoD) atau dalam bahasa Indonesianya Departemen pertahanan Amerika Serikat. Penelitian ini dimulai pada tahun 1969.

Hubungan antarkomputer pada TCP/IP tidak terbatas pada jenis komputer ataupun OS, contohnya munghubungkan komputer IBM PC dengan komputer Machintosh. Dan juga menghubungkan yang ber-OS windows dengan Linux atau dengan OS lainnya..
Pada Microsoft Windows pengaturan TCP/IP terdiri dari :
IP addres, subnet mask, default gateway, DNS server dan WINS server.

IP Address

IP Address adalah nomor alamat yang diberikan pada komputer yang terhubung dalam jaringan. Sebagaimana sebuah alamat pada rumah, alamat pada komputer pun berbeda-beda. IP address terdiri dari dua bagian : Network ID dan host ID..

IP Address terdiri dari 4 kelompok bilangan desimal. Setiap bilangan kelompok mempunyai 8 bit angka biner. Total nilai IP address adalah 32 bit angka biner. Pada penulisannya 4 kelompok bilangan desimal dipeisahkan oleh tanda titik (.) ...

Sebagai contoh berikut adalah ilustrasi IP address :
131.107.16.200
Dua kelompok angka pertama
131.107. merupakan Network ID dan dua kelompok angka kedua yaitu 16.200. merupakan host ID.

Dalam penggunaan IP address dibagi menjadi 2 golongan , yaitu Public address dan Private address. Perbedaan golongan ini terletak pada pemakaiannya..
  1. Public address adalah IP address yang digunakan untuk komunikasi pada jaringan internet.
  2. Private address adalah IP address yang digunakan untuk komunikasi pada jaringan yang tidak berhubungan langsung dengan internet.

Subnet Mask
Subnet mask adalah nomor yang dikombinasikan dengan IP address untuk menunjukkan identitas jaringan dimana komputer kamu berada, apa itu terdapat pada jaringan lokal atau pada jaringan global. Subnet mask juga digunakan untuk membedakan network ID dan host ID.

Subnet mask terdiri dari 32 bit bilangan biner yang pada penulisannya terdiri dari 4 kelompok yang setiap kelompok dipisahkan oleh titik(.) , sama seperti IP address.. Namun pada subnet mask nomor yang dimasukkan dari 0 sampai 255. Defaultnya subnet mask menggunakan salah satu nomor 0 atau 255, tetapi dapat juga digunakan nomor yang lain..

Default Gateway

Default gateway adalah IP router yang digunakan sebgai pintu gerbang untuk menghubungkan dua jaringan atau lebih yang memiliki subnet yang berbeda. Contohnya... Komputer pada jaringan A dengan subnet 192.168.0.1 dan jaringan B dengan subnet 192.168.10.1 dipastikan tidak dapat berkomunikasi agar dapat berkomunikasi diperlukan IP router dan media komunikasi jaringan yaitu router...


Domain Name System(DNS)

DNS adalah suatu sistem yang dapat menerjemahkan IP address menjadi nama suatu host. DNS digunakan untuk mempermudah mengakses sebuah komputer dalam jaringan internet atau pun intranet dengan hanya menuliskan nama host tersebut. Format pemberian nama host diinternet menggunakan arsitektur hirarki.. Sekma tersebut digambarkan berbentuk tree..

Windows Internet Name Services(WINS)

WINS adalah sistem yang digunakan untuk menerjemahkan nama komputer(NetBIOS Name) ke IP address. Adanya WINS akan mempermudah pemetaan sebuah komputer dalam jaringan.

WINS pada windows 2000 server dapat digunakan sebagai database dalam sebuah jaringan. WINS server mudah digunakan untuk mencari sebuah komputer yang terdaftar. Ada dua komponen utama WINS , yaitu WINS server dan WINS Client. Sistem operasi yang biasa digunakan WINS client adalah :

  • Windows 2000 server dan Professional
  • Windows XP Professional dan Home edition
  • Windows NT Server dan Workstation
  • Windows ME
  • Windows 98
  • Windows 95
  • Windows for Workgroups
  • Microsoft LAN Manager
  • MS-DOS Clients
  • Linux dan UNIX client bila diinstal SAMBA
itulah lanjutan tulisan saya mengenai jaringan pada internet dan juga TCP/IP. Semoga dapat bermanfaatbagi semuanya.. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata dan informasi.. Terimakasiiih.. =)

1 comments:

meydhi wiratamara mengatakan...

kita juga punya nih artikel mengenai 'TCP/IP', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1401/1/50407970.pdf
terimakasih
semoga bermanfaat